Jumat, 25 Maret 2011

Tips Mengatasi Suara Serak

Banyak hal yang bisa menyebabkan suara anda serak atau bahkan hilang, mulai dari flu, laringitis, infeksi tenggorokan, terlalu banyak bicara dan lain sebagainya. Suara serak kadang memang sangat menjengkelkan terutama bagi mereka yang menjual suara untuk mata pencaharian.

Untungnya ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan suara merdu anda dengan cepat, berikut beberapa diantaranya.

Minum yang banyak

Dengan minum yang banyak diharapkan lalu lalangnya air di dalam kerongkongan ikut membantu membersihkan bakteri yang ada disana.

Minum teh madu

Minumlah selagi hangat untuk membantu mengendorkan otot otot yang ada di tenggorokan termasuk pada kotak suara. Jangan minum kopi atau teh karena kedua minuman ini bisa menyebabkan dehidrasi dan memperparah keadaan. Minumlah teh camomile ditambah dengan sesendok teh madu.

Berkumur dengan air garam

Jika suara anda serak atau bahkan hilang kemungkinan disebabkan karena ada infeksi disana. Gunakanlah air garam untuk berkumur untuk membersihkan daerah tersebut.

Istirahat

Tentu yang harus anda lakukan adalah puasa bicara atau sedapat mungkin mengurangi keluarnya suara.

Pijat tenggorokan

Mengistirahatkan leher, bahu dan punggung juga membuat kotak suara anda rileks sehingga banyak udara yang melintas melaluinya.

Mandi air hangat

Panasnya air akan membantu otot anda relaksasi. Uap air yang dihasilkan membantu tenggorokan anda tetap dalam kondisi terhidrasi.

Hirup udara segar

Pastikan udara yang anda hirup saat bernafas selalu dalam kondisi segar, hindari asap rokok, debu, polusi dan sebagainya.

copas from : Medisiana dot com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar